Ujian Praktek Sekolah ~ SDN 01 SELOROMO -->
UNGGUL PRESTASI, LUHUR BUDI PEKERTI, BERKARAKTER, BERWAWASAN LINGKUNGAN

Ujian Praktek Sekolah

by in 0

Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam upaya mencetak pribadi manusia yang seutuhnya, dimana pendidikan dapat diperoleh dengan mudah asalkan kita ada kemauan. Pendidikan dapat diperoleh secara pendidikan  formal maupun non formal. Lembaga pendidikan  formal adalah suatu lembaga pendidikan yang berada dibawah naungan pemerintah sedangkan lembaga pendidikan non formal bukanlah suatu lembaga yang berada dibawah naungan pemerintah.
Yang tergolong ke dalam lembaga pendidikan formal salah satunya adalah jenjang pendidikan sekolah dasar / sederajat baik negeri ataupun swasta. Pada jenjang ini merupakan jenjang pendidikan yang hak diperoleh oleh setiap warga negara Indonesia secara universal tanpa memandang miskin ataupun kaya sesuai yang tercantum dalam UUD 1945.
Agar semua warga Negara Indonesia dapat mengenyam jenjang pendidikan sekolah dasar ini maka pemerintah merealisasikan program wajib belajar sembilan tahun dan melalui program ini pemerintah memberikan alokasi dana bantuan pada sekolah dasar diseluruh nusantara melalui dana Bantuan Operasional Siswa (BOS) yang diperuntukkan bagi seluruh peserta didik agar tidak mengeluarkan biaya apapun selama mengenyam pendidikan dengan harapan melalui dana tersebut tidak terjadi kendala yang ada kaitannya dengan alasan ekonomi dalam mengenyam pendidikan pada jenjang sekolah dasar.
Dana Bantuan Operasional Siswa (BOS) ini diperuntukkan untuk pembiayaan siswa yang ada kaitannya dengan kegiatan edukasi di sekolah, sepertia halnya dengan semester gasal pada tahun pelajaran 2012-2013 ini di SDN 01 Seloromo Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar. pada semester gasal tahun pelajaran 2012-2013 ini seluruh siswa menghadapi kegiatan Ujian Praktek di kelas VI. Kegiatan tersebut anggaran biayanya diambil sepenuhnya dari dana BOS.
Adapun maksud dan tujuan kegiatan ini diselenggarakan di SDN 01 Seloromo pada tahun pelajaran 2012-2013 adalah untuk mengetahui hasil prestasi siswa selama 6 Tahun.  untuk beberapa mata pelajaran serta menentukan tercapai atau tidak dengan KKM tiap mata pelajaran sesuai dengan yang telah di rencanakan. 
TUJUAN
Kegiatan ujian praktek ini bertujuan untuk :
Menguji penguasaan keterampilan siswa pada mata pelajaran, Mengukur ketercapaian kurikulum pembelajaran  di SDN 01 Seloromo, Memenuhi salah satu syarat kriteria kelulusan dari SDN 01 Seloromo.

TEKNIS PELAKSANAAN
Ujian praktek akan dilaksanakan secara bergiliran untuk masing-masing kelas. Secara detail teknis pelaksanaan ujian praktek  adalah sebagai berikut :
Setiap siswa melaksanakan praktek secara mandiri sesuai dengan materi dan petunjuk pengerjaan yang diberikan oleh penguji, Hasil yang akan diterima dan dinilai oleh penguji berupa barang kreasi dan penampilan solo.
 


Leave a Reply